Monday, December 22, 2014

Pemasangan Alat Kontrasepsi

Assalamualaikum wr. Wb.

Selamat siang bu perkenalkan nama saya ferdy. Saya dokter yang ditugaskan diklinik ini, ada keluhan apa bu?

Oh iya, sebelumnya bolleh saya tahu nama ibu? Umur? Tempat tinggal? Pekerjaan? Agama?

Melakukan anamnesis lebih lanjut terhadap keluhan utama(secara simulasi). Baiklah bu jadi saya akan melakukan pemasanganalat kontrasepsi. Untuk mencegah terjadinya kehamilan. Mungkin saat pemasangan akan ada perasaan yang tidak enak dan agak nyeri. namun, saya akan berhati-hati sehingga bisa mengurangi perasaan itu. Apakah ibu bersedia?




Baiklah bu, maaf sebelumnya bu silahkan ibu melepas celananya dan menempatkan diri dengan tenang dengan posisi litotomi/pinggul didekat tepi ranjang kemudian kakinya diletakan ke penyangga kaki. Sementara saya mempersiapkan peralatan dan mencuci tangan sebelum tindakan.

*membenarkan posisi perineum di tepi meja
*mempersiapkan peralatan (spekulum grave, gel, kasa, desinfektan, sarung tangan, lampu nyala, dup berlubang, klem kelly, pinset, akdr, sonde, tenakulum, kom, bengkok, kateter)
*simulasi cuci tangan
*sarung tangan
*simulasi toilet vulva(dari atas ke bawah kanan dan kiri, perineum)
*pemasangan dup berlubang
*simulasi kateter, di tampon ke bengkok
*pasang spekulum grave (atur skrup), pasang, terlihat cervix, kunci
*melakukan pembersihan rongga vagina (klem kelly + kassa + desinfektan)
*simulasi pemasangan tenakulum di portio jam 11
*sondenase, lihat angka sonde
*bandingkan angka dengan alat akdr, atur bantalannya
*lakukan pemasangan akdr tehnik “no touch”
*cek sudah terpasang dengan baik
*simulasi pelepasan tenakulum
* desinfeksi portio (klem kelly + kassa + desinfektan)
*simulasi gunting benang
*lepas spekulum
*lepas kateter
*lepas dup berlubang
*VTàuntuk menyibakan benang ke portio
*cuci tangan




No comments:

Post a Comment

close