Sunday, June 8, 2014

Skill Lab Rectal Touch

Assalamualaikum
Selamat siang pak perkenalkan nama saya ferdy saya dokter yang bertugas di siang hari ini ada keluhan apa pak? ...... sebelumnya boleh saya ketahui identias bapak, nama? umur? Alamat? Pekerjaan? Agama?
Bapak tadi mengeluhkan adanya......... saya akan melakukan tindakan perabaan pada prostat bapak. Saya akan memasukan jari ke anus bapak untuk mengeahui adanya kelainan atau tidak, mungkin akan ada perasaan tidak enak namun saya akan berusaha untuk berhati- hati dalam melakukannya. Apakah bapak bersedia?



Baiklah pak silahkan bapak membuka celana dan berbaring dengan posisi menyamping ke kiri/left side way (litotomi, knee chest position), sementara saya meakukan cuci tangan dan mempersiapkan alat sebelum tindakan.
Alat : handscun, gel(taruh di kom jika ada)
**Melakukan cuci tangan sebelum tindakan
**Memakai handscun, mengoleskan gel ke jari no. 2/3
** meraba tepi anus sampai otot rileks
**masukan jari ke anus
***nilai tonus musculus spicnter ani externa (erat), mukosa (licin), ampula recti (tidak kolaps), masa (tidak ada)
***nilai prostat
Keterangan
Normal
Kanker
BPH
Konsistensi
Kenyal
Keras
Kenyal
Ukuran
Normal
Besar
Besar
Sensitivitas
-
Nyeri
-
Nodul
-
+
-
Sulcus
Teraba
-
Teraba
Vesikula seminalis
-
-
-
Urethra pars membranacea
-
-
-




**bersihkan anus
Silahkan pak memakai celana kembali sementara saya mencuci tangan setelah tindakan.
**laporkan hasil

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

close