Sunday, June 8, 2014

Aloanamnesis (Anamnesis bapak/ibu pada pasien anak)

Assalamualaikum
Selamat siang bu.... perkenalkan nama saya ferdy saya dokter yang bertugas di siang hari ini ada keluhan apa bu? (anak saya.....). baik bu sebelumnya boleh saya tahu nama ibu? Umur? Pekerjaan? Alamat? Agama? Anak ibu namanya siapa? Umur berapa(tanggal lahir)?
Baik bu anak ibu mengalami....
RPS: sejak kapan bu? Apakah timbul mendadak/belulang? Sakitnya menyebar/tidak?
RPK: apakah di keluarga ibu ada yang menderita seperti ini?(jika retradasi mental) **buat pohon keluarga.



RPH : waktu hamil apakah ibu menderita suatu penyakit? Apakah ibu mengkonsumsi obat-obatan tertentu? Apakah pernah mengalami trauma? Bagimana proses persalinannya apakah normal/cesar? Apakah cukup bulan? Berapa berat adeknya ketika lahir? Apakah ada kelainan setelah lahir (kuning biru, trauma lahir, infeksi)
RPM : berapa bulan ibu memberikan asi untuk adeknya? Setelah 6 bulan makaan apa yang diberikan?
Soskomi : mohon maaf bu apakah penghasilan ibu mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari?
Vaksin : apakah adeknya sudah imunisasi lengkap ? apakah tepat waktu? (hepatitis B, polio,bcg (bln 1)), (DPT(2), campak(bln 9))
Tumbang : Apakah iu membawa KMS? **Lihat pertumbuhan dan perkembangan. Kapan anak ibu mulai berdiri? (8-12 bln) Anak ibu sudah isa berjalan diusia berapa tahun?(15 bulan tahun) berbicara?(1 tahun)
Lingkungan : apakah ibu tinggal di lingkungan yang bersih? Apakah di dekat bantaran sungai? apakah tetangga ibu ada yang menderita penyakit ini? Apakah temannya ada yang sakit seperti ini?



RPD: dulu pernah sakit seperni ini tidak bu? Apakah sebelumnya sudah pernah diobati? Ada riwayat alergi bu? Pernah di rawat inap?
Sistem : Pusing? Gang. Penglihatan? apakah dada berdebar? Sesak napas? Demam? Muntah? Gang. BAK? Gang BAB?

Baiklah bu untuk memastikan diagnosisnya akan dilakukan pemeriksaan fisik.

No comments:

Post a Comment

close