Sunday, June 8, 2014

Hecting

Assalamualaikum
Selamat siang pak perkenal nama saya ferdy saya dokter yang bertugas di siang hari ini, ada keluhan apa pak?..... baiklah pak, sebelumnya boleh saya tahu nama bapak? Umur? Alamat? Pekerjaan? Agama?
Tadi bapak mengeluhkan adanya........ saya akan melakukan tindakan hecting/penjahitan luka. Mungkin akan ada perasaan tidak enak atau sakit namun saya akan berhati-hati sehingga rasanya bisa berkurang. Apakah bapak bersedia?



Silahkan bapak lepas menempatkan diri di ranjang terlentang, sementara saya mempersiapkan peralatan dan cuci tangan sebelum tindakan.
Alat :
                Steril                      : kom, handscun, dup berlubang, spuit, jarum, benang steril, needle holder, gunting benang, gunting jaringan, klem arteri, klem, pinset, pinset anatomis,
                Non-steril            : gel (masukan ke kom), perhidrol (masukan ke kom), nacl(masukan ke kom), povidone iodine(masukan ke kom), korentang, kassa (masukan ke steril), plester(gunting), lidokain(patahkan)
**periksa luka(sayatan dengan panjang dan lebar serta kedalaman, luka teratur/tidak, tepi luka teratur/tidak, )
**tindakan aseptik lokasi luka(povidone iodin+kasa)
**spuitàlidokain 10ccàanastesis
**debridemen dengan spuit(ambil perhidrol,nacl,povidone) semprotkan ke luka
**pasang dup
**hentikan pendarahan (tekan luka dengan kasa) dan potong kulit
**aproksimasi mendekatkan tepi luka dng pinset anatomis
**jahit
**bersihkan dengan povidone iodine
**tutup luka dengan kasa
**lepas handscun
**fiksasi
**Cuci tangan



Pak 2 hari lagi kesini, jangan terkena air. 1 minggu lagi dilepas jahitannya

terima kasih.

No comments:

Post a Comment

close