Monday, December 16, 2013

Skill Lab Pemasangan Infus

Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat siang pak, perkenalkan nama saya dokter ferdi saya yang ertugas di siang hari ini. Dari hasil rekam medis bapak dinyatakan keharusan untuk melakukan tindakan infus terhadap bapak. Ini dimaksudkan untuk mengembalikan kembali cairan tubuh maupun elektrolit yang hilang dalam tubuh bapak. Tindakan ini juga akan menimbulkan rasa sakit namun saya akan berusaha hati-hati untuk mengurangi ras sakitnya. Apakah bapak bersedia?.....



Baiklah pak jika bapak bersedia saya akan mempersiapkan peralatan dan cuci tangan sebelum tindakan.

Mempersiapkan peralatan :
  • Botol infus
  • Selang infus
  • Abocat no. 18
  • Plester
  • Kassa
  • Kapas alkohol
  • Tornique
  • Handscun
Cara Kerja :
  • Memasangkan selang infus pada botol infus, pastikan tidak ada udara dalam selang, keluarkan beberapa ml, gantungkan. Menggunting kassa dan plester secukupnya. Memasangkan tornique pada lengan proximal. Cuci tangan. Pasang handscun.
  • Melakukan perabaan pada daerah yang akan ditusuk dengan abocat. Biasanya pada vena dorsalis manus yang panjang dan tak bercabang.
  • Desinfeksi dengan kassa alkohol
  • Tusuk dengan abocat
  • Setelah masuk ada darah keluar, tarik jarum abocat sedikit, pasang selang ke abocat
  • Lepas handscun
  • Fiksasi abocat
  • Atur kecepatan infus untuk maintance 20 tts/mnt



Pak saya sudah melakukan tindakan infus, untuk selanjutnya saya akan memonitoring keadaan bapak secara rutin. Terima kasih.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

close