Monday, December 2, 2013

Skill Lab Leopold

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat siang bu perkenalkan nama saya ferdy dokter yang bertugas di siang hari ini, ada yang bisa dibantu bu?...............baiklah bu tapi sebelumnya boleh saya ketahui nama ibu siapa? Umurnya berapa? Tinggal dimana? Pekerjaannya apa? ibu islam ya? Mohon maaf bu Hari terakhir menstruasi ibu tanggal berapa bulan dan tahun? Baiklah bu tadi ibu mengeluhkan........ saya akan melakukan pemeriksaan leopold disini akan ada 4 tahap:
  • Leopold 1à menentukan tinggi fundus uteri
  • Leopold 2àmenentukan bagian yang ada di samping uterus
  • Leopold 3àbagian apa yang terdapat pada bagian bawah
  • Leopold 4à berapa bagian dari kepala yang telah masuk kedalam pintu panggul atas



Maaf bu pemeriksaan ini juga kadang-kadang menimbulkan perasaan tidak enak tetapi tidak akan membahayakan bayi yang ada dalam kandungan ibu. Apakah ibu berseia melakukan pemeriksaan ini?...........silahkan ibu menempatkan diri di ranjang, sementara saya melakukan cuci tangan sebelum pemeriksaan dan mempersiapkan peralatan.
Bu mohon maaf bajunya bisa disingkapkan sedikit, supaya seluruh bagian perut ibu tampak jelas. Posisikan kaki ibu litotomi/telapak kaki menempel pada ranjang untuk mengurangi keteegangan perut. Saya akan menutup bagian paha dan kaki dengan selimut.
Menempatkan diri disisi kanan pasien, menghadap bagian lateral kanan. Menghadap ke kepala ibu.
Baiklah bu yang pertama saya akan melakukan :
  • Leopold 1à melakukan perabaan di atas fundus uteri, teraba fundus uteri 3 jari di bawah prosessus xipoideus umur kehamilan 40 minggu. Menentukan batas atas uterus dan menentukan bagian apa dari janin yang terdapat pada fundus uteri. Teraba bagian yang tidak bulat dan lunak merupakan bokong.
  • Leopold 2àmenentukan batas samping kanan dan kiri uterus sepanjang sisi lateral. Teraba bagian halus dan rata merupakan punggung. Teraba bagian seperti tonjolan kecil-kecil merupakan tangan.
  • Leopold 3à untuk membedakkan bagian presentasi janin bagian bawah. Teraba bangunan yang bulat dan keras merupakan kepala. Cek lagi dengan posisi menghadap ke kaki ibu dengan kedua telapak tangan.
  • Leopold 4à untuk meyakinkan hasil pemeriksaan leopold 3 dan untuk mengetahui sejauh mana bagian bawah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Didapatkan sudut konvergen merupakan bagian bawah belum masuk pintu atas panggul. Jika didapatkan divergen merupakan bagian bawah sudah masuk pintu atas panggul.

Baiklah bu silahkan ibu merapihkan pakaian kembali, sementara saya melakukan cuci tangan setelah pemeriksaan. Dari pemeriksaan leopold didapatkan hasil :



  • ·         Tinggi fundus uteri 3 jari dibawah proc. Xipoideus. Letak bokong di atas.
  • ·         Punggung berada di bagian kiri dan ekstremitas di bagian kanan.
  • ·         Janin bagian bawah teraba kepala tunggal.
  • ·         Bagian terendah(kepala) didapatkan sudah/belum masuk intu atas panggul

Demikian hasil pemeriksaannya terimakasih bu.
Assalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

close