Monday, December 16, 2013

Skill Lab Fungsi Vena

Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat siang pak, perkenalkan nama saya dokter ferdi saya yang bertugas di siang hari ini. Ada yang bisa dibantu pak? ........... boleh saya tahu nama bapak?umur?pekerjaan?alamat?agama?. Baiklah pak tadi bapak ingin memeriksa darah bapak maka saya akan melakukan tindakan fungsi vena. Tindakan ini akan menimbulkan rasa sakit namun saya akan berusaha hati-hati untuk mengurangi ras sakitnya. Apakah bapak bersedia?.....



Baiklah pak jika bapak bersedia saya akan mempersiapkan peralatan dan cuci tangan sebelum tindakan.
Mempersiapkan peralatan :
  • Spuit Injeksi 5ml dilepaskan tutupnya pas sebelum di buka.
  • Plester
  • Kassa
  • Kapas alkohol
  • Tornique
  • Handscun

Cara Kerja :
  • Menggunting kassa dan plester secukupnya. Memasangkan tornique pada lengan proximal. Cuci tangan. Pasang handscun.
  • Melakukan perabaan pada daerah yang akan ditusuk dengan spuit injeksi. Biasanya pada vena mediana cubiti.
  • Desinfeksi dengan kassa alkohol
  • Tusuk dengan spuit
  • Setelah masuk ada darah keluar, lepas tornique, hisap darah.
  • Lepas handscun
  • Beri kasa pada tempat luka tusuk dan fiksasi



Pak tadi saya sudah melakukan tindakan fungsi vena. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

close