Monday, December 22, 2014

Pemeriksaan Neurologis Part 2

Assalamualaikum wr. Wb

Selamat siang bapak perkenalkan nama ssaya ferdy. Saya dokter yang bertugas di ang hari ini ada keluhan apa?.....

Sebelumnya boleh saya tahu nama? Umur? Pekerjaan? Tempat tinggal?agama?

Baiklah disini saya akan melakukan pemeriksaan neurologis terhadap bapak untuk menilai keadaan sistem saraf perifer, terdiri dari tes tanda meningeal dengan cara menekuk bagian sendi-sendi. Provokasi sidrom nyeri dengan cara melakukan gerakan tertentu. Fungsi sensorik dengan menggunakan jarum kemudian menggoreskan di permukaan kulit.




**Untuk mengetahui adanya tanda meningitis atau adanya pendarahan sub arachnoid.
**Untuk mengetahui nyeri.
**Untuk mengetahui apakah ada kelainan otak, medula spinalis dan saraf tepi yang mempengaruhi fungsi sensoris

Mungkin dalam pemeriksaan akan ada perasaan tidak enak, namun saya akan berhati-hati sehingga bisa mengurangi rasa sakitnya apakah bapak bersedia?
Baiklah pak silahkan bapak menempatkan diri di ranjang sementar saya mempersiapkan peralatan dan cuci tangan sebelum tindakan.

Alat : jarum dalam palu reflek dikeluarkan

*Cuci tangan

tes tanda meningeal
*kaku kuduk (fleksi dan ekstensi kepala : tidak terdapat tahananà (-))
*bruzinski 1 (tangan satu di kepala, satunya di dada, fleksikan kepala cepat dan maksimal : perhatikan ada tidaknya refleks fleksi bilateral sendi lutut panggulà (-))
*bruzinski 2 (salah satu tungkai difleksikan sendi panggul : perhatikan ada tidaknya reflek fleksi pada sendi lutut kontralateral à (-) *kaki kanan kiri)
*kernig (fleksi sendi panggul, fleksikan sendi lutut, ekstensikan sendi lutut : perhatikan apakah pasien kesakitan atau tidak : (-) tidak fleksi sendi panggul lutut kontralateral *kanan kiri )
*interpretasi

provokasi sindrom nyeri
*valsava (pak nanti mengejan ketika tahan napasnya : perhatikan nyeri/tidak pakàtidak terdapat nyri radikuler di leher ke tangan)
*nafziger (pak saya akan menekan pemb. Leher sekitar 2 menit sampai kepala agak berat/penuh, nanti ketika menekan silahkan bapak mengejan : perhatikan nyeri/tidak pakà(-) tidak ada nyeri radikuler)
*laseque (fleksi sendi panggul, dipertahankan lurus, sampai sakit di 90 derajat : perhatikan nyeri/tidak pak *kanan kiri à di sudut 90 derajat terasa nyeri normal)
*o’connel (tungkai sehat diangkat, sma seperti laseque : perhatikan nyeri/tidak pak di tungkai ipsilateralà hasil)
*patrick (menempatkan tumit maleolus eksterna tungkai yg sakit ke lutut tungkai yang lain, menekan lutut yg di fleksikan : perhatikan nyeri/tidak pak *kanan kiriàhasil (tidak ada nyeri di sendi panggul))
*kontra patrick (fleksi tungkai sakit ke luar : perhatikan nyeri/tidak pak *kanan kiriàhasil (tidak ada nyeri di sendi panggul/sacroiliaca))
*gaenslen (pak nyerinya sebelah mana? Kanan”tes yang kaki kanan”, fleksi tungkai lutut, pak dirangkul lututnya, menggantungkan kaki di tepi: perhatikan nyeri/tidak pak *kanan kiriàhasil (tidak ada nyeri di sendi panggul))
*interpretasi




fungsi sensorik (tutup mata pasif)
*taktil (menggunakan bulu, pak nanti ketika disentuh bilang “ya atau tidak”dimana “kanan atau kiri”, rangsangan diberikan secara ringan tanpa penekanan, membedakan 2 titik)
*nyeri superficial (menggunakan jarum, pak nanti ketika disentuh bilang “tajam atau tumpul”dimana “kanan atau kiri”, rangsangan diberikan secara minimal tanpa menyebabkan pendarahan, membedakan intensitas nyeri 2 daerah)
*interpretasi


No comments:

Post a Comment

close